MIO vs VARIO
 Re: MIO vs VARIO; kekurangan dan kelebihan keduanya   
MiO vs VariO,.. Who is the Winner…??? 
                                     
     
Di  Pasar skutik memang yang menarik adalah ngeliat pertarungan antara  Yamaha vs Honda. Mengapa ??? Line of Product kedua ATPM ini merupakan  salah satu senjata untuk menguasai pasar kendaraan roda dua. Yah tentu  disamping mbebek… dan motor laki… Apalagi saat ini, pasar skutik lagi  booming… yang semula diperkirakan skutik hanya untuk cewek.. sekarang  banyak cowok yang tergila-gila dengan skutik… bahkan kit bore-up nya  juga tersedia…tinggal ada duit aza … langsung jadiii… Oke .. let start  to analize… 
Analisa skutik Mio vs Vario (dua-duanya CW) yang kita gunakan dibuat  secara objectiv (masukan boleh aza nanti … pas comment ocreee..) dan  didasarkan pada aspek teknik dan non-teknis yang bisa dikuantitaskan…  (biar nggak bias)…  
 
Engine 
- Yamaha Mio Sporty, menggunakan engine 113.7cc SOHC. Power yang  dihasilkan sebesar 8.9 PS pada 8000RPM. Torsi maksimum yang dihasilkan  0.88 kgf m pada 7000RPM. Sistem pendingin masih pake udara. Compression  Rationya mencapai 8.8:1.
 
- Honda Vario CW, menggunakan engine 108cc SOHC. Power yang dihasilkan  mencapai 8.9PS pada 8000RPM. Torsi maksimum yang dihasilkan 0.86 kgf.m  pada 6500RPM. Sistem pendingin sudah menggunakan cairan. Compression  Rationya mencapai 10.7:1.
 
Dari data-data diatas (yah asumsi semua data bener.. jadi ngikot  aza nganalisanya)… Vario lebih unggul sedikit… mengapa ??? Dengan engine  yang cc nya lebih kecil, power yang dihasilkan sama, sudah menggunakan  liquid cooled. Tapi secara torsi kalah sedikit.. jadi untuk score nya  gue judge.. nilai 10 untuk Vario, dan 9 untuk Mio.. !!!
Kopling,Suspensi, Rem, dan Ban etc.
- Yamaha Mio, menggunakan kopling tipe kering sentrifugal,  suspensi telescopic baik depan maupun belakang. Rem disc untuk depan,  dan tromol untuk belakang. Velgnya menggunakan cast wheel, ukuran ban  depan 70/90-14, sedangkan belakang 80/90-14
 
- Honda Vario, menggunakan kopling tipe kering sentrifugal, suspensi  telescopic untuk depan, dan lengan ayun untuk belakang. Rem disc untuk  depan, dan tromol untuk belakang. Velgnya juga telah menggunakan cast  wheel, ukuran ban depan 80/90-14 dan belakang 90/90-14
 
Diliat dari paparan diatas, yang nyaris sama dan nggak ada beda  yang berarti diliat dari sudut pandangan konsumen, maka gue judge nilai  10 Mio demikian juga 10 untuk Vario
Harga
- Harga Mio dibanderol hanya Rp. 12.juta
 
- Harga Vario dibanderol sebesar Rp. 14.15 juta
 
Dari sisi harga dengan membandingkan harga terendah sebagai based  value, maka Mio mendapatkan nilai 10, sedangkan Vario mendapatkan nilai 8  (exactnya sebesar 7.7 dibulatkan menjadi 
 
First Mover (First Penetration into the Market…!!!)
Efek ini akan memberikan brand / image yang cukup kuat bagi konsumen.  Mengingat Yamaha sudah lebih dulu  masuk ke pasar skutik, dan Vario  baru-baru aza… maka Mio lebih diuntungkan, sehingga gue men-judge Mio  dapat nilai 10, sedangkan Vario dapat nilai 9.
Lainnya-lainnya hampir samalah… nggak ada perbedaan.. baik di sisi  after sales, advertising dsb. Model gue nggak men-judge karena akan  debatable.. jadi gue nggak beri nilai.. dianggap sama aza.. ocreee…  let’s we summarize…
- Yamaha Mio CW, rapotnya
- Engine = 9
 
- Kopling, suspensi dan ban etc. = 10
 
- Harga = 10
 
- First Mover = 10
 
- Total Nilai = 39
 
 
- Honda Vario, rapotnya…
- Engine = 10
 
- Kopling, Suspensi dan Ban etc. = 10
 
- Harga = 8
 
- First Mover = 9
 
- Total Nilai  = 37
 
 
Dari total nilai sebenernya terlihat, bahwa Yamaha Mio Sporty  mengalahkan Vario CW, dan tak heran jika Mio leading di pasar kendaraan  roda dua. Dan faktor yang cukup kuat adalah harga.. bisa dibikin sama  saza dengan Yamaha.. maka nilainya akan menjadi sama.. dan thus konsumen  akan mulai melirik… (asumsi perilaku konsumen .. price sensitif..).
hayo yg lain mau nabahin apa???
 
 
 
 
          
      
 
  
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
maen putaran rendah mah menangan vario.....tpi klo udh maen putaran atas menang mio lakh.....karne vario lbih mementinkan akselerasi,,,,...!!!
BalasHapus